Kamis, 05 Mei 2011

Ubuntu yang Disederhanakan: Elementary OS
Bagian III: Manajer Berkas

Selamat, sekarang karena sistem anda sudah terinstal anda resmi mulai masuk ke dunia Linux! Panduan di tulisan-tulisan saya sebelumnya bisa dipakai tidak hanya buat Jupiter, tapi juga buat turunan-turunan Ubuntu lainnya. Kalau anda perlu menginstal Ubuntu dan atau turunan-turunannya anda sudah tahu caranya! Saat panduan ini dibuat rilis Ubuntu yang sedang berlaku adalah versi 11.04 (dinamai "Natty Narwhal" atau singkatnya disebut "Natty")

dan karena Jupiter berdasarkan Ubuntu 10.10 (Maverick) Elementary tidak merekomendasikan untuk meningkatkan sistem anda pada saat manajer update menawarkan untuk menjalakan peningkatan (seperti yang digambarkan di gambar diatas), karena itu tolong jangan meningkatkan (upgrade) ke Natty atau anda akan merusak sistem anda. Tapi bagaimanapun juga anda bisa menginstal Natty dan mengaplikasikan tema dan tweak Elementary, anda juga bisa menginstal Maverick dan menggunakan tema dan rentasan-rentasan Elementary... seperti yang sudah saya bilang sebelumnya di tulisan pertama saya: Linux bebas untuk dikustomisasi! Tapi kita masih beberapa langkah untuk menuju kesitu. Kita akan mendiskusikannya nanti, sekarang mari kita pelajari hal pertama yang perlu anda ketahui mengenai Jupiter: Manajer Berkas (File Manager). Manajer Berkas adalah bagian yang sangat penting dari SO apapun karena dialah yang anda pakai untuk mengatur berkas-berkas anda dan menjelajah sistem anda. Seperti Ubuntu, aslinya Jupiter menggunakan GNOME untuk lingkungan meja (desktop environment) dan Nautilus adalah Manajer Berkas asli bawaan GNOME. Di Jupiter Nautilus dimodifikasi dengan beberapa peningkatan dan dinamai Nautilus Elementary (kita sebut saja "Nautilus" biar lebih pendek).

Klik Places > Home Folder untuk membuka Nautilus

dan ini adalah tampilan asli Nautilus menampilkan folder-folder dan berkas-berkas di folder rumah (home folder) anda. 

tapi saya lebih suka mengkostumisasi seperti yang anda lihat diatas.


Saya jelaskan komentar-komentarnya searah jarum jam:
  • Tombol-tombol navigasi (Navigation buttons): tombol-tombol untuk mundur, maju dan membarui (reload atau refresh) saat anda menjelajah sistem anda. 
  • Balok lokasi (Location bar): menampilkan posisi anda saat ini, anda juga bisa menggunakan balok ini untuk maju dan mundur. 

  • Tombol "Computer" ("Computer" button): membawa anda ke "Computer", anda akan melihat perangkat-perangkat penyimpanan yang terhubung ke sistem anda dengan gaya tampilan "perangkat: isi" ("isi" berarti "partisi").
  • Tombol modus tampilan (View mode button): untuk memilih antara modus tampilan Ikon-ikon, Daftar, atau Tampilan ringkas.
  • Tombol preferensi (Preferences button): untuk membuka menu preferensi.
  • Daftar folder-folder dan berkas-berkas (Folders and files list): tidak perlu penjelasan.
  • Tombol geser ukuran (Size slider button): tombol geser untuk membesarkan atau mengecilkan tampilan folder-folder dan berkas-berkas.
  • Balok status (Status bar): tidak perlu penjelasan.
  • Balok samping (Side bar): balok yang menampung lokasi-lokasi yang bisa anda jelajah.


    • Jaringan (Network): disinilah lokasi-lokasi di jaringan dikelompokkan, anda bisa terhubung ke lokasi di jaringan dengan cara menuju ke Places > Connect to Server... dan definisikan parameter-parameter yang diperlukan seperti jenis layanan, nama host atau alamat IP, nama pengguna, kata sandi, port, dan lain-lain.
    • Perangkat-perangkat (Devices): daftar isi (volume) di sistem anda. Kalau anda lihat panah kecil di sebelah kanan dari isi yang dinamai "DATA" itulah tombol unmount atau mengeluarkan (eject), di Windows anda mengenal ini sebagai "safely remove" atau sama dengan mengeluarkan sebuah perangkat untuk perangkat-perangkat yang bisa dikeluarkan misalnya cakram optikal. 
    • Bookmarks: di Jupiter ini diganti namanya jadi "Personal" (Pribadi), disinilah tempat dimana anda bisa menempatkan folder favorit anda untuk akses cepat. Ada satu folder spesial yang tidak bisa dihilangkan yang dinamai "Trash" (tempat sampah), di Windows anda mengenalnya sebagai "Recycle Bin". Klik "Trash" untuk melihat isinya lalu klik tombol "Empty Trash" untuk mengosongkan tempat sampah anda, atau kalau anda yakin tidak ada berkas penting di tempat sampah anda bisa langsung klik kanan lalu klik "Empty Trash"

              anda bisa menambah lokasi dengan tahan-lalu-jatuhkan sebuah folder
             atau menghapusnya dengan cara klik kanan dan klik remove.
    • Balok perangkat (Toolbar ): tidak perlu penjelasan.
    Anda tidak harus membuka folder rumah dulu untuk menuju lokasi lain, klik "Places" lalu anda bisa langsung menuju ke tempat yang anda mau. Tata letak diatas adalah kustomisasi saya, anda bebas mengkustomisasi sesuai dengan yang anda inginkan.

    Kustomisasi Nautilus


    Klik kanan di tempat kosong manapun di balok perangkat, biasanya disamping balok lokasi, lalu klik "Customize Toolbar..."

    Menu "Customize Toolbar" akan tampil, klik panah kanan untuk menambah tombol atau klik panah kiri untuk mengurangi tombol. Tahan-dan-jatuhkan tombol-tombol untuk mengatur urutan tombol-tombol.

    Untuk mengkonfigurasi lebih banyak aspek Nautilus klik ikon "Preferences", menu "File Management Preferences" akan tampil.


    Pada gambar diatas anda melihat tabulasi-tabulasi Views, Behavior, Display, List Columns, Preview, Media, dan Tweaks. Tabulasi Views (tampilan-tampilan): modus tampilan asli (default) Nautilus, kecuali anda sudah merubah tampilan dari sebuah folder menggunakan tombol-tombol modus tampilan (Nautilus mengingat modus tampilan terakhir sebuah folder) inilah tampilan asli bagaimana Nautilus akan menampilkan folder-folder dan berkas-berkas. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya anda akan punya pilihan untuk melihat menggunakan Tampilan Ikon, Tampilan Daftar atau Tampilan Kompak. 

    Tabulasi Behavior (tingkah laku): pilih "View executable text files when they are opened" (tampilkan isi berkas-berkas yang bisa dijalankan pada saat dibuka) kecuali anda tidak keberatan Nautilus selalu menanyakan apa yang dilakukan setiap kali anda klik sebuat berkas teks.


    Tabulasi Preview (pratinjau): Nautilus mempunyai kemampuan untuk menampilkan pratinjau berkas-berkas pada saat menggunakan modus tampilan "Icons", anda memiliki pilihan untuk selalu menampilkan berkas-berkas (termasuk berkas-berkas yang terletak di jaringan), berkas-berkas lokal saja, atau tidak pernah menampilkan pratinjau. Saya memilih "Never" (tidak pernah) untuk mempercepat sistem saya.


    Tabulasi Media: bagaimana Nautilus menangani media atau perangkat-perangkat yang tersambung ke sistem. Nautilus bisa bertanya kepada anda (Ask what to do), tidak melakukan apapun (Do Nothing), membuka folder (Open Folder) ke media tersebut. Anda bisa mengkonfigurasi Nautilus untuk menangani media menggunakan aplikasi yang diasosiasikan dengan tipe media, misalnya jika anda memasukkan sebua Audio CD Nautilus bisa otomatis membuka VLC media player. Anda juga bisa memilih untuk mematikan penanganan media otomatis dengan cara memilih "Never prompt or start programs on media insertion" (tidak pernah menampilkan atau memulai program pada saat media dimasukkan ke komputer) dan mematikan penampil media otomatis, kecuali anda tidak keberatan jendela baru Nautilus muncul setiap kali anda memasukkan media. Ini bisa membuat tidak nyaman jika anda memasukkan media yang berisi beberapa volume, masing-masing volume akan membuka jendela baru Nautilus, tapi ini kembali lagi terserah ke anda.

    Tabulasi Tweaks: disini anda bisa melakukan beberapa tweak ke Nautilus.

    Sekali lagi, seting-seting diatas adalah gimana saya seting Nautilus, anda bebas menentukan seting anda sendiri.

    Menyambung dan Memutuskan Cakram

    Yang anda lihat diatas adalah tampilan Nautilus saya yang sedang menampilkan "Computer" di modus tampilan ikon yang menunjukkan perangkat-perangkat yang tersambung ke sistem saya dengan volume yang sedant di-mount atau tidak. Di balok samping didalam kelompok perangkat-perangkat anda akan melihat perangkat-perangkat yang sedang di-mount, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya ikon panah keatas adalah untuk melepas mount atau mengeluarkan (eject) cakram sebelum anda melepasnya. Ini wajib, kehilangan data bisa terjadi jika media yang bisa ditulis (seperti flash disk dan cakram eksternal) tidak di-unmount sebelum anda melepasnya. Untuk volume dengan label (atau nama) Nautilus akan menampilkan namanya, tapi jika tidak dilabel Nautilus akan menampilkan ukuran volume.

    Untuk menampilkan detil folder dan atau berkas pilih, klik kanan, lalu klik "Properties". Anda bisa menggunakan tombol shift atau control kalau anda perlu memilih beberapa, dan inilah beberapa contohnya:

    Detil 2 berkas

    Detil 1 berkas

    Detil sebuah folder, anda juga akan melihat ruang sisa volume

    Detil sebuah volume

    Selanjutnya: Desktop, NetworkManager dan Manajemen Paket



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar